Shipping Cargo

Interpretasi dari Bongkar Muat Umum

Interpretasi dari Bongkar Muat Umum

Interpretasi dari Bongkar Muat Umum – penafsiran pengisian dan pembuangan menurut Gianto et al dalam panduan “Procedure of Seaports” (1999: 31-32), adalah sebagai berikut:

Bongkar adalah pekerjaan menurunkan barang dari geladak atau palka kapal dan menempatkannya di atas dok atau di fasilitas penyimpanan.

Dalam situasi ini penulis menjelaskan terutama untuk kapal tanker, yaitu prosedur pengiriman barang cair dari dalam tangki kapal ke tangki di terminal atau dari kapal ke kapal yang dikenal sebagai “Kapal ke Kapal”

Ton adalah pekerjaan mengemas produk dari dermaga atau dari dalam ruang stok untuk dapat dikemas di dalam ruang kapal.

Untuk kapal tanker, tugas pengisian dapat didefinisikan, khususnya proses memindahkan muatan cair dari wadah ke yang tidak dapat disembuhkan ke area kontainer / muatan di kapal, atau dari satu kapal ke satu kapal lagi “Kirim ke Kapal”

Interpretasi dari Bongkar Muat Umum

Menurut Badudu (2001: 200) dalam Thesaurus Besar Indonesia, Bongkar dikonversi sebagai: Metode pemakaian meningkat, menyelesaikan semua komponen sesuatu, menyingkirkan semua atau memindahkan.

Mengenali Beban: terdiri dari, pas, pas, masuk ke dalam, dapat terdiri dari, memuat, mengisi, masuk, area. Demolition adalah perpindahan barang dari satu area ke area lain dan juga dapat diklaim sebagai penghancuran barang dari kapal ke dermaga, dari dermaga ke gudang atau sebaliknya dari gudang ke fasilitas penyimpanan atau dari fasilitas penyimpanan ke dermaga baru saja ditransfer ke kapal.

Menurut Dirk Koleangan (2008: 241) dalam buku Container Box yang berkualifikasi, interpretasi tugas bongkar dan muat adalah sesuai dengan:

Kegiatan Lots Taking down adalah kegiatan untuk memindahkan produk dari alat transportasi darat, dan untuk melakukan tugas pengiriman kargo yang disebut untuk aksesibilitas fasilitas atau peralatan yang sesuai dengan cara atau prosedur solusi.

Menurut F.D.C. Sudjatmiko (2007: 264) dalam buku berjudul Principles of Business Delivery, filling and dumping artinya memindahkan barang dari dan ke kapal untuk ditimbun ke atau langsung dikirim ke lokasi pemilik barang dengan dermaga pelabuhan dengan menggunakan pengepakan dan juga alat bongkar, baik yang terletak di dermaga atau di kapal itu sendiri.

Menurut R.P Suyono (2005: 310), aplikasi kegiatan bongkar muat dipisahkan menjadi 3 (3) kegiatan, khususnya:

Bongkar muat

Stevedoring adalah pekerjaan membuang produk-produk dari kapal ke dermaga / tongkang / truk atau mengemas barang-barang dari dermaga / tongkang / kendaraan ke dalam kapal untuk dipersiapkan langsung ke lubang palka kapal dengan menggunakan crane atau crane darat atau berbagai pemuatan lainnya dan juga perangkat pemakaian.

Cargodoring

Cargodoring adalah karya melepaskan produk dari tali / jaring di dermaga dan juga mengirimkannya dari dermaga ke gudang / penumpukan halaman dan setelah itu mengaturnya di gudang / penimbunan rumput atau sebaliknya.

Mendapatkan / Distribusi

Memperoleh / Pengiriman adalah pekerjaan merelokasi produk dari tempat penumpukan di fasilitas penyimpanan / menumpuk halaman belakang dan mengirimkannya sampai siap di atas truk di ruang penyimpanan / gerbang tiang pancang atau sebaliknya.

Arti memuat dan juga curhat kapal tanker

Pengepakan dan pembongkaran pada kapal adalah prosedur memindahkan kargo dari ruang muat / tangki ke tangki penyimpanan terminal atau sebaliknya dengan menggunakan alat pompa kapal dan juga peralatan yang tidak dapat disembuhkan.

Menurut Istopo dalam panduan “Kapal dan juga biayanya” (1999: 237), pompa pada kapal digunakan untuk menumpahkan minyak, mereka terletak di satu ruang pompa, yang terhubung dengan pipa ke dek utama dengan ukuran lebih besar.

dimensi pipa di dalam tangki penyimpanan. Pipa-pipa di geladak utama terpasang ke Cargo Manifold. Setelah itu dari Freight Manifold digunakan untuk membuang minyak ke terminal atau sebaliknya jika mengisi dari terminal, yang menggunakan “Marine Hose Freight Hose”.

Di terminal biasanya dilengkapi dengan “Packing Arms” yang dapat dipindahkan secara terbuka, mengikuti posisi manifold kargo yang tinggi dan rendah.

Sebagian besar dari mereka biasanya di kapal di mana manifold kargo tetap di tengah kapal longitudinal. Berdasarkan pengertian yang didefinisikan tentang pengisian dan pembongkaran adalah proses pengisian dan pembongkaran dengan memindahkan barang dari darat ke kapal pengangkut atau dari darat ke darat yang terhubung atau dibawa ke tujuan dengan aman serta dilaksanakan dengan aman berdasarkan perlakuan penanganan kargo oleh tim kapal dan juga pihak yang tidak dapat disembuhkan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *